dapur campur " in the kitchen my new world begin "

Sabtu, 06 November 2010

Kepiting cabe hijau

Lagi pengen masak kepiting super pedes, biar waktu makannya nggak usah pake colak-colek sambel lagi. Liat stock cabe, lagi banyak cabe yang warnanya hijau, dari cabe hijau besar sampai cabe rawit hijau.....Lucu juga kalau dimasak cabe hijau.  Mumpung kakak ku lagi nginep dirumah, dan dia suhu kepiting dirumah, jadi kita bagi tugas, dia kebagian membersihkan kepiting.  Tapi kalau dirumah ku, kepiting tidak kami pisahkan dari cangkangnya karena menurut ku kalau cangkangnya dibuka bagian2 yang menempel dikepala kepiting akan terlepas saat dimasak walaupun tidak semuanya, selain itu aku juga penggemar bagian2 kepiting yang nempel dicangkangnya.  Jadi setelah dibersihkan kepiting hanya kami potong jadi dua.  Selain itu aku masak kepiting tanpa direbus ataupun digoreng terlebih dahulu sebelum dicampur kebumbunya tapi aku masukkan mentah kedalam bumbunya dan dimasak sampai matang, jadi bumbu lebih meresap masuk kedalam daging kepiting.

Bahan:
1 kg kepiting, yang telur lebih enak, bersihkan potong 2 bagian
1 batang bawang daun, iris 1 cm
2 buah cabe hijau, iris serong

Bumbu yang dihaluskan:
3 siung bawang putih
2 butir bawang merah
2 buah cabe hijau
10 - 15 buah cabe rawit hijau
1/4 sdt garam
4 - 5 butir merica

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus sampai layu dan harum, masukkan kepiting, aduk sebentar, tutup.  Biarkan sebentar, sambil kadang2 diaduk.  Nggak usah ditambahkan air saat memasak kepiting karena kepiting bisa mengeluarkan air sendiri.  Garam juga tidak perlu ditambahkan lagi karena kepiting sendiri sudah asin, pemberian garam cukup pada saat membuat bumbu halus.
2. Setelak kurleb 15 menit, buka tutupnya, aduk sebentar, biarkan airnya mengering. Masukkan irisan cabe hijau dan daun bawang, aduk, angkat dan sajikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar