dapur campur " in the kitchen my new world begin "

Senin, 24 Januari 2011

Sate daging barbecue

Pengen banget nikmatin Sate yang pakai bumbu barbecue dan dinikmatin panas-panas pula, akhirnya mutusin untuk bikin sendiri.  Mumpung dirumah ada kakak yang selalu kebagian nyiapin api buat bakar-bakarnya plus ngebakar satenya.  Satenya asli enak dan nggak alot walaupun yang dipakai bukan bagian has atau tenderloin.  Dagingnya sengaja ku iris tipis memanjang, biar dibakarnya nggak pake lama karena juga diselingi sama tusukan paprika, bawang bombay dan bawang daun.  Biar kaya diresto-resto gitu dah.....qiqiqiqiqi.....

Bahan:
1/2 kg daging sapi, iris tipis dengan panjang kurleb 2-3 cm
1 biji paprika hijau dan merah uk. kecil, potong kotak
2 buah bawang bombay uk. sedang, poong kotak
2 batang bawang daun, potong seruas jari

Bumbu rendaman:
5 siung bawang putih, haluskan
3 biji bawang merah, haluskan
1 sdt ketumbar bubuk
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
1/2 sdt saus tiram
1 sdt kecap manis
2 sdm bumbu barbecue
1 sdt perasan air jeruk
1 sdm minyak goreng

Caranya:
1.  Rendam irisan daging dalam bumbu rendaman selama 1 jam, simpan dalam lemari es.
2.  Tusuk daging seperti menjahit dengan tangan, setiap 1 lembar irisan daging yang sudah ditusuk selingi dengan paprika hijau dan paprika merah, akhiri dengan irisan bawang bombay atau bawang daun.   Apabila sisa bumbu masih ada, bisa dipakai untuk olesan saat sate dibakar, tambahkan 2 sdm minyak sayur atau minyak goreng kedalam bumbu sisa rendaman.
3.  Bakar hingga matang, nggak perlu lama kurang lebih 5-8 menit, tergantung besar kecilnya api.  Angkat dan langsung disajikan dengan sambal kecap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar