dapur campur " in the kitchen my new world begin "

Rabu, 06 April 2011

Bolkus Mekar

Finally....punya waktu juga untuk kembali ngisi blog ku ^.^  Untuk yang pertama kalinya setelah hampir 3 bulan nggak ngisi disini, hari ini aku mau isi dengan "Bolu Kukus", salah satu kue idola ku sewaktu kecil.  Suka banget liat bolkus kalau ditempat jajanan kue.  Bentukny cantik plus warna yang menarik.  Selalu berkhayal kalau nanti aku mau bikin sendiri.  Alhamdulillah, akhirnya aku bisa bikin bolkus pertama ku beberapa tahun lalu dengan resep dari ibu yang juga dikasih sama tetangga.  Katanya sih kalau mau mekar rahasianya harus pakai "SP*IT*, salah satu merk minuman bersoda.  Sampai akhirnya aku liat blognya bunda Ricke yang bikin bolkus tanpa air soda juga bisa ngakak dengan cantik ^.^

Naahhh....kemarin pas liat bikinannya mba Dida, aku jadi pengen bikin bolkus lagi dengan resep punya mba Dida.  Terus terang deg-degan banget nunggu hasilnya, bisa ngakak juga kaya punya mba Dida atau nggak.  Ternyata...waaaaaa......alhamdulillah merekah sempurna dengan cantiknya (agak lebay yaaaa...).  Resep dari mba Dida ini ada sedikit yang ku modifikasi sesuai hati....ciiiiaaa......Izin copas ya mba.....

Bahan:

4 butir telur
400 gr gula pasir (aslinya pakai 450 gr, sengaja dikurangi karena aku mau tambahkan manisnya dengan agak banyak menambahkan susu kental manis)
500 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
350 cc santan (aku pakai santan kara uk. 200 ml ditambahkan air hingga sampai 350 cc, panaskan sebentar, tambahkan sedikit garam)
1 sdm emulsifier
1 sdt essence vanilla
6 sdm susu kental manis

Caranya:
1. Campur terigu dan baking powder yang sudah diayak, sisihkan.
2. Kocok telur, gula dan emulsifier hingga kental.
3. Masukkan terigu dan santan secara bergantian sambil diaduk perlahan hingga rata.
4. Masukkan essence vanila dan susu kental manis, aduk kembali hingga rata.
5. Ambil sedikit adonan, beri pewarna atau pasta makanan sesuai keinginan, masukkan kedalam cetakan kue bolu kukus yang sudah dialasi dengan kertas cup kue, beri sedikit atasnya dengan adonan yang sudah dicampur dengan pasta.  Kukus selama 10 menit, angkat, sajikan....Hangat lebih enak loooo......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar