dapur campur " in the kitchen my new world begin "

Kamis, 11 November 2010

Lasagna

This is it......My First Lasagna.....Finally......Senang banged rasanya bisa bikin Lasagna setelah sekian lama mengidam-idamkan, xixixiixixiix.....Kebetulan beberapa waktu lalu suami lagi ada dinas ke Itali, nggak ada ruginya aku nitip kulit lasagna asli dari Itali ^.^....Setelah kulit lasagna sudah ditangan, aku nggak langsung mengolahnya, karena menurut ku sekali bikin harus sekalian banyak, jadi aku nunggu pasukan dulu datang kerumah baru dibikin tuh si Lasagna, dan hari minggu kemaren pas banget para pasukan pemberantas makanan datang, walaupun nggak semuanya, tapi lumayanlah buat menghabiskan Lasagna.
Ceritanya lumayan seru waktu bikin nih lasagna, setelah disusun rapi dan cantik dalam pinggan punya nyokap yang baru pertama kali keluar dari lemari(hihi...), pas waktu mau dipanggang....kejadian yang bikin panik terjadi....Pinggannya nggak cukup masuk dalam oven nya...Nah looooo.....~.~'.  Kembali putar otak, liat loyang kue (mmmmm...kayanya bisa nih) tapiiii....aluminium foilnya lagi bobo diTBK, gggrrr....Akhirnya kembali mengobok-obok lemari nyokap, ketemu pinggan bundar yang kecil, ya sudahlah mau tak mau, rela tak rela si Lasagna dipotong 2, hiks....berkat bantuan ayah Ali sepupu ku, si potongan Lasagna bisa berpindah dengan tetap cantik.  Tapi tenang yaaa, hasil akhirnya tidak mengecewakan, suami said "harumnya dah sama nih ma yang di Itali"...whaaatt???cuma harumnya doang???eeehh...ada kelanjutannya,"tapi enakan yang ini"....^.^
Setelah mengubek-ubek resep orang2 yang bikin lasagna, aku kembali menjatuhkan pilihan pada resep lasagna bunda Ricke (resep asli klik disini), tapi ada beberapa bahan yang ku ganti tambahkan sendiri. Cekidot....

Bahan:
1 bks kulit lasagna
2 liter air

Saus daging:
2 sdm minyak goreng
2 siung bawang putih, geprek, cincang
1 buah bawang bombay, ukuran sedang, cincang
100 gr gading sapi (yang ada dkulkas cuma segitu^.^), cincang
300 gr daging ayam, cincang
12 buah jamur champion, cincang
5 buah tomat, cincang
1 botol kecil saos tomat
100 ml air
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
2 batang selederi, cincang halus (berhubung nggak punya oregano dan basil kering)

Saus bechamel:
50 gr mentega
50 gr tepung terigu
3 botol susu beruang, aslinya pk 500ml susu cair UHT
125 gr cheddar parut
1/4 sdt merica bubuk

Taburan:
100 gr keju mozarella
50 gr keju cheddar

Cara membuat:
1. Saus daging: panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu dan harum.  Masukkan daging sapi dan daging ayam, aduk sampai berubah warna. Masukkan jamur champion, aduk sebentar, masukkan tomat cincang, saus tomat dan air, didihkan.  Bubuhi garam dan merica, masak dengan api kecil hingga mengental, angkat, sisihkan.
2. Saus bechamel: lelehkan mentega dengan api kecil.  Masukkan terigu, aduk rata.  Tuangi susu cair sambil terus diaduk diatas api kecil sampai halus dan lembut juga tidak menggumpal.  Masukkan keju cheddar parut dan merica, aduk, angkat, sisihkan.
3. Didihkan air, rebus lasagna sampai lunak kurleb 10 mnt. Tapi aku kemarin cuma kurleb 3 mnt, mungkin karena lasagnanya sangat tipis. Berhubung kulitnya tipis, jadi aku merebusnya setelah semua saosnya ku masak terlebih dahulu.  Merebusnya pun perlembar, jadi begitu lasagna sudah lunak, angkat, tiriskan sebentar, langsung susun diatas pinggannya dan beri saus daging dan saus bechamel. Sementara menyusun lasagna dan menata kedua saus diatasnya, aku sambil merebus kulit lasagna yang selanjutnya, dan lakukan sampai lembaran lasagna habis.
4. Olesi pinggan tahan panas dengan margarin. Tata 1 lembar kulit lasagna (aku pakai perlembar aja untuk tiap lapisannya), beri saus daging dan saus bechamel, taruh lembaran berikutnya diatasnya, beri saus daging dan saus bechamel, lakukan sampai lembaran lasagna habis.  Untuk lapisan yang paling atas, diatas kulit yang terakhir beri saus bechamel.
5. Taburi atasnya dengan parutan keju mozarela dan keju cheddar (nggak punya parmesan), serta cincangan halus daun selederi, hanya untuk membuat tampilannya lebih manis (menurut ku sih ^.^) dan pengganti oregano.  Panggang dalam oven dengan suhu 180'C selama 20 - 30 mnt, sampai bagian atasny kuning kecoklatan dan matang.

Keluarkan lasagna dari oven, biarkan sebentar.  Potong-potong, sajikan hangat.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar