dapur campur " in the kitchen my new world begin "

Selasa, 09 November 2010

Mie titi

Akhirnya bisa juga ngerasain makan mie titi, secara disini kota kecil nggak ada yang jual, cuma sering liat liputan-liputan kuliner mengenai mie titi.  Naaahh....waktu memberanikan diri bikin mie titi, yang ada dipikiran ku cuma satu, bodo amat ma rasanya, sama atau nggak sama mie titi asli yang penting suami suka ^.^......Ternyata setelah matang si kecil juga ikut menikmati, malahan dia lebih suka makan saat mienya masih kriuk2.
Inti dari pengolahan mie titi menurut ku cuma mie yang digoreng, kalau bumbunya mah sama sajalah.  Untuk pengolahan mie titi ini aku cuma buat untuk 2 porsi, jadi kalau mau buat porsi yang lebih silahkan bumbu dan yang lain-lainnya ditambahkan sesuai porsinya.

Bahan:
2 keping mie telor, kira2 1/3 bks,
6 buah jamur champion, iris
1 ons daging sapi, iris-iris
1 buah sosis sapi, potong serong
4 buah baso ikan, potong-potong
1 buah wortel, uk. kecil, iris serong
1/2 ikat sawi hijau
2 lembar kelopak sawi putih, iris
1 sdm maizena, larutkan dengan 1 sdm air
350 ml air

Bumbu:
3 siung bawang putih, geprek cincang kasar
2 buah bawang merah, cincang kasar
1/2 sdt garam
6 butir merica utuh
1/2 sdt kaldu bubuk

Cara membuat
1. Rebus mie hingga matang, tapi jangan sampai lembek, saat merebus masukkan sdkt minyak goreng agar mie tidak lengket satu sama lain, angkat, tiriskan.  Kemudian goreng dengan minyak panas dan merendam mie, hingga mie mengering, angkat sisihkan.  Lebih mudah menggorengnya dengan bantuan saringan minyak agar mie mudah diangkat dan tidak terpisah-pisah.
2. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga layu dan harum, masukkan irisan daging sapi, aduk sampai daging sapi berubah warna, masukkan sosis sapi, baso ikan dan wortel, aduk sebentar.
3. Masukkan air, biarkan mendidih.
4. Kemudian masukkan sawi putih, sawi hijau dan kaldu bubuk, aduk lagi sebentar. Terakhir kecilkan api, masukkan larutan maizena sambil terus diaduk.
5. Setelah kekentalan kuah merata, matikan api.
6. Siapkan piring saji, taruh mie yang sdh digoreng dan siram dengan kuahnya. Sajikan langsung ya, biar sensasi kriuk2nya masih berasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar